Peran Rompi Safety Sebagai Alat Pelindung Diri

Safety vest atau rompi keselamatan kerja yaitu salah satu Alat Pelindung Diri (APD) yang bertujuan untuk mencegah terjadinya kecelakaan, sedikit berbeda dengan APD lain yang berfungsi untuk mengurangi pengaruh jika terjadi kecelakaan akibat kontak dengan benda yang membahayakan.

Safety vest dirancang secara khusus dan dilengkapi dengan reflector atau pemantul sinar untuk memberikan perlindungan maksimal bagi para penggunanya. Safety vest diperuntukkan bagi pekerja yang lokasi kerjanya di jalan atau berdekatan dengan jalan, di area dengan selalu sibuk lalu lalang kendaraan atau alat berat, di area yang mempunyai mesin, roda gigi atau motor yang bergerak, dan pekerja yang terlibat dalam profesi konstruksi, yang sangat perlu untuk dideteksi oleh pihak lain yang memakai mesin pemindah (crane) yang berpotensi membahayakan. Selain itu safety vest diterapkan juga oleh pekerja pelayanan darurat seperti kebakaran, pencarian dan penyelamatan.

Baca Juga: Alat Keselamatan Kerja

Keuntungan Menggunakan Safety Vest:

1. Bisa terlihat dalam keadaan gelap.

Pita reflector pada safety vest memantulkan sinar sehingga bisa terlihat dengan mudah disaat bekerja di malam hari atau dalam keadaan gelap.

2. Membuat orang lain menjadi waspada.

Pemilihan warna safety vest seperti kuning dan oranye serta adanya pita reflector tersebut mempermudah orang lain untuk mendeteksi pemakai rompi safety dari kejauhan, sehingga orang lain menjadi lebih waspada dan bisa memperlambat kecepatan kendaraan.

3. Alat pelindung yang nyaman.

Meskipun tidak semua safety vest dibuat untuk tahan air, namun beberapa jenis safety vest dibuat untuk melindungi pemakainya dari air hujan dan juga disaat tubuh berkeringat safety vest bisa mengurangi efek terpapar angin.

Cek Juga: Helm Safety

4. Harga yang relatif murah.

Dari segi harga, pada umumnya safety vest cukup relatif murah, sehingga bukan suatu alasan bagi perusahaan untuk tidak menyediakan safety vest bagi para pekerjanya yang bekerjai di area yang membahayakan untuk mengurangi resiko kecelakaan kerja.

5. Identifikasi.

Safety vest dibuat dalam beberapa warna, sehingga bisa digunakan sebagai alat penolong untuk identifikasi kategori pekerja. Misalkan rompi merah untuk petugas koordinasi safety, rompi kuning untuk pekerja bidang kelistrikan, dan sebagainya. Bisa juga digunakan untuk identifikasi perusahaan dengan memberikan artikel atau logo pada rompi.

Simak Juga: Kacamata Safety