7 Merk Perusahaan Mesin Digital Printing Terbaik Di Indonesia

Berbicara mengenai teknologi digital dibidang percetakan, ada sebagian produsen besar yang menguasai dunia digital di Indonesia. Rata-rata mesin produksi mereka dapat kita temui di beberapa percetakan digital yang ada diseluruh Indonesia. Selain itu kiprah mereka juga dapat diperhatikan dari setiap pameran digital yang sedang di gelar di Indonesia, rata-rata mereka akan mengambil booth paling besar dan paling depan dalam setiap event pameran besar yang di gelar di Indonesia. Siapa sajakah mereka, mari langsung saja kita simak :

1. Fuji Xerox

Fuji Xerox yaitu perusahaan gabungan antara perusahaan fotografi dari Jepang Fuji Photo Film Co. (75 persen saham) dan perusahaan manajemen dokumen dari Xerox Amerika Serikat. Perusahaan ini didirikan untuk mengoptimalkan, memproduksi, dan memasarkan xerographic dan produk-jasa terkait dokumen di kawasan Asia Pasifik.

Di Indonesia sendiri untuk produk-produk Fuji Xerox cuma dapat kamu beli secara legal lewat PT. Astra Graphia, Tbk. Produk favorit mereka yakni mesin Xerox C1000, C1000i, C800 dan 800i dimana untuk mesin-mesin tersebut selain mempunyai kapasitas produksi yang kencang sampai 100 ppm (pages per minute) juga telah support untuk teknologi Clear Dry Ink (Titik UV) dan tinta gold serta silver. Info baiknya mesin tersebut juga hadir dan dapat kamu rasakan di Print On Demand.

Selain produk favorit, untuk produk dengan kapasitas terbaik Fuji Xerox mempunyai mesin generasi iGen, juga kapasitas produksi yang lebih tinggi, iGen juga memilik area cetak yang lebih luas.

Fuji Xerox juga tenar dengan teknologi print on demandnya, berdasarkan kami pribadi Fuji Xerox merupakan yang paling depan dalam hal support untuk keperluan cetak on demand terutama untuk produk buku. Hal ini dapat diperhatikan dimana Perusahaan sekelas PT. Gramedia juga menerapkan mesin dari Fuji Xerox untuk keperluan cetak untuk produk-produk di Toko Bukunya.

Dalam hal pangsa pasar, berdasarkan analisa pasar kami, Fuji Xerox lebih menarget kalangan menengah keatas, hal ini dapat dilihat dari harga mesin fotocopy dan harga cetak menggunakan mesin Fuji Xerox lebih mahal dibanding produsen mesin yang lain. Tetapi secara mutu tidak perlu diragukan lagi terutama untuk Anda dari kalangan fotography, desainer atau perusahaan yang membutuhkan hasil print lebih detil dan warna sesuai standar perusahaan.

Cek Juga: Paket Usaha Fotocopy

2. Digital Indigo

HP Indigo Division, sebelumnya Indigo Digital Press, yaitu perusahaan yang mengoptimalkan, memproduksi dan menjual solusi cetak digital, termasuk mesin cetak, bahan isi ulang printer dan Work Flow. Didirikan pada tahun 1977, Digital Indigo yaitu perusahaan independen sampai diakuisisi oleh HP pada tahun 2001. Mereka mempunyai kantor di seluruh dunia, dengan kantor sentra di Nes Ziona, Israel.

Pelanggan solusi HP Indigo termasuk printer komersial, printer foto khusus, dan label juga kemasan konverter untuk mencetak aplikasi seperti jaminan pemasaran, album foto, surat langsung, label, karton lipat, kemasan fleksibel, buku, manual, dan pekerjaan khusus.

Terkenal dengan produk-produk mereka seperti HP Indigo 10000, Digital Indigo datang di Indonesia dengan target pasar utama yatui kalangan fotography dan kalangan yang memerlukan cetakan dengan mutu tinggi.

3. Konica Minolta

Konica Minolta Holdings Inc. (コニカミノルタホールディングス, Konika Minoruta Hōrudingusu) adalah perusahaan fotokopi, mesin fax, laser printer, kelengkapan medis grafik, komponen penglihatan dan sensing meter didirikan sesudah bergabung dengan Konica dan Minolta pada 7 Januari 2003. di Indonesia sendiri Konica Minolta populer lewat produk printer digitalnya dengan type Bizhub nya.

Distributor untuk mesin Konica Minolta (KM) di Indonesia PT Perdana Jatiputra, KM sendiri berdasarkan anggapan kami lebih menargetkan kalangan menengah kebawah, hal ini dapat diperhatikan dari banyaknya mesin-mesin produksi KM yang dapat kita temui di percetakan-percetakan pinggir jalan dimana harga jual mereka yang cukup murah mulai dari Rp 2,500 per lembar A3. Tetapi sebagai smart buyer Anda juga seharusnya dapat memperbandingkan bahwa dengan harga segitu mesin yang mereka pakai yaitu mesin DOCU, mesin yang umum digunakan untuk kebutuhan kantor dalam mencetak dokumen. Jadi jangan berharap untuk mendapatkan komposisi warna yang cocok kriteria dengan teknologi mesin yang digunakan.

Selain mesin-mesin yang tergolong murah yang mereka produksi, Konica Minolta juga mempunyai mesin produksi dengan teknologi yang memumpuni yaitu generasi Bizhub seperti Bizhub Press C71HC, Bizhub Press c1070_c1060.

4. Develop

Belum banyak didengar di Indonesia, namun berada ditangan ahlinya. Dia adalah Develop produk printing dari PT. Asaba, Selaku distributor tunggal untuk produk develop. Di Eropa sendiri Develop lebih dikenal dengan Brand Konica Minolta. Jadi kalau Anda membeli Develop atau Konica Minolta kami rasa itu adalah produkan yang sama hanya berbeda namanya saja, hal itu dapat kami konfirmasi karena pada waktu itu kami pernah diundang oleh perwakilan Develop untuk uji-coba produk mereka dan disaat kami tanya beda antara keduanya mereka menjawab sama saja hanya berbeda nama dan support serta type mesinnya saja.

Baca Juga: Harga Mesin Foto Copy

5. Canon

Lebih diketahui sebagai mesin fotocopy. Perusahaan ini didirikan pada 1933 dengan nama 精機光学研究所 (Seiki-kougaku-kenkyuujo atau Perlengkapan Berdasarkan Optik Presisi) oleh Yoshida Goro dan adik iparnya Uchida Saburo dan didanai oleh Takeshi Mitarai, sahabat dekat Uchida. Tujuan awalnya yaitu untuk mengadakanpenelitian dalam pengembangan kamera bermutu. Pada Juni 1934 mereka mengeluarkan kamera pertamanya, Kwanon, dinamakan atas Dewi belas kasih Buddha. Pada tahun selanjutnya perusahaan ini merubah namanya menjadi Canon karena dirasa lebih modern ketimbang nama sebelumnya.

Canon Pixma yaitu mesin pencetak berwarna keluaran perusahaan Canon yang dikhususkan untuk kecepatan. Seri-seri baru mesin pencetak Canon hampir rata-rata sekarang ini yaitu seri Pixma. Pertama kali keluar pada tahun 2002 dan berkembang cepat pada tahun 2003. Canon Pixma telah tidak menerapkan lagi jenis tinta seri BC, namun telah menerapkan jenis tinta Canon generasi baru seperti Cli, Bci, dan sebagainya. Terdapat tiga macam penamaan seri Canon Pixma, yakni iP dan yang ditiru 4 digit angka dikhususkan untuk kertas ukuran A4, iP yang ditiru 2 digit angka dikhususkan untuk mobile printer/ukuran kertas optimal R4 dan iX yang dikhususkan untuk kertas ukuran A3.

Favoritnya analisis kami, mereka terlalu fokus dengan produk fotocopy, walaupun sudah sangat terkenal canon kalah berkompetisi untuk produk-produk digital mereka untuk kalangan produksi.

6. Océ

Satu produk dengan Canon, Océ hadir untuk kelas produksi. Hadir dengan produk yang diperuntukkan untuk buku membuat oce cocok untuk dicoba. Produk unggulan Océ BLM550 menggandakan kemampuan dari teknologi sebelumnya. Mesin ini membuat buku dengan ketebalan sampai 10mm dan mengkombinasikan empat pelaksanaan saddle stitching, folding, spine-forming dan trimming dalam sebuah mesin tunggal. Dengan kemampuan untuk mewujudkan potongan buku sampai 220 halaman, Océ BLM550 memberikan solusi pembuatan buku online mutakhir yang elegan untuk setiap lingkungan pencetakan.
– Membuat buku dari 8 hingga 220 halaman
– Menghasilkan buku berkualitas tinggi dengan square spine
– Mesin dengan sistem all in yang compact
– Saddle stitching dengan 1 hingga 6 jahitan
– Sepenuhnya otomatis
– Memori untuk 24 tugas

7. RICOH

Ricoh lebih dikenal di lingkungan fotocopy ketimbang percetakan, Telpon Ricoh tetap dapat berkompetisi dengan sebagian perusahaan besar lainnya. Ricoh Company, Ltd. (Jepang: 株式会社リコー, Kabushiki-gaisha Rikō) yaitu sebuah perusahaan Jepang mengkhususkan dalam bidang optik dan gambar. Produknya termasuk kamera, printer, dan sebagainya. Didirikan pada tahun 1936 dengan nama Riken Kankoshi Co., Ltd. Pusatnya di Tokyo, Jepang.

Simak Juga: Harga Mesin Fotocopy Canon