Yuk Kenali Lantai Parket

Penerapan kayu, batuan ekspos, dan material autentik yang diekspos lainnya yakni representasi dari kekayaan alam Indonesia di iklim tropisnya. Hal ini membikin lantai kayu atau kerap kali disebut parket menjadi trending di dunia arsitektur Indonesia. lantai kayu dan lantai parket kini sangatlah berbagai macam dan pemakaiannya, ada yang diaplikasikan di indoor flooring, decking, dan tangga. Padahal pemakaian material yang sama dapat diterapkan di pergola, fasad, sampai aksesoris interior seperti kisi-kisi.

Apa itu Lantai Kayu dan Lantai Parket?

cek juga ini ya : lantai kayu 

Lantai kayu dan lantai parket yakni kumpulan kepingan kayu yang dapat berupa kayu original maupun kepingan kayu yang telah dipress sedemikian rupa yang diaplikasikan di atas lantai konkrit, dapat diaplikasikan di interior atau eksterior. Penutup lantai ini menjadi salah satu elemen dekoratif yang diaplikasikan di residential, villa, hotel, dan sesekali di perkantoran.

Sedangkan terdengar sama, tetapi lantai kayu dan parket memiliki arti yang berbeda. Lantai parket yakni kepingan kayu yang memiliki profil di sisi-sisinya untuk saling terkunci satu sama lain ketika diterapkan dan diperkuat lagi mengaplikasikan paku tembak. Untuk parket terbagi menjadi 2, yakni parket solid dan parket engineered. Padahal lantai kayu yakni satuan kayu utuh yang dipasang satu sama lain mengaplikasikan skrup.

Jenis Lantai Parket

Sebelum membahas lantai kayu dan lantai parket lebih lanjut, Anda wajib tahu 2 ragam lantai parket berikut ini:

1. Parket Solid
Yakni lantai parket yang mengaplikasikan 100% kayu original dalam pemakaiannya. Kayu yang diaplikasikan ialah kayu jati, merbau, bangkirai, ulin dan sonokeling. Parket solid sendiri memiliki 2 macam yakni solid FJ dan solid FJL.

– Solid FJ ialah parket solid yang mengaplikasikan satu kayu utuh per satu modul nya tanpa adanya sambungan kayu lain yang dipasang berderet horizontal.
– Solid FJL ialah parket solid yang mengaplikasikan sebagian kayu yang disambung menjadi satu per satu modul nya. Secara visual tampak dari sekat di garis vertikalnya.

2. Parket Engineered
Yakni macam parket yang memiliki lapisan tipis (veneer) pada lapisan pertamanya, padahal di bawahnya ada lapisan multipleks atau plywood untuk perkuatannya. Kayu yang diaplikasikan pada parket engineered ini di antaranya ialah jati, sonokeling, white-oak, dan whole nut.

Macam Pemasangan Lantai Parket

Ada 2 macam pemasangan di lantai parket pada flooring di antaranya ialah dengan metode perekat (glue down) dan dengan plywood (nail down).

1. Perekat (glue down)
– Bantal acian dikasih cairan primer. Cairan primer bertujuan untuk pembendung kelembapan, jikalau permukaan berair, perekat tak akan optimal dan kelebapan akan masuk ke lantai,
– Sesudah itu, pemberian perekat sikabond untuk merekatkan parket kayu ke bantal acian.

2. Plywood (nail down)
Parket kayu segera dipasang di atas plywood dengan menggunaka.n paku tembak. Perbedaan signifikan antara ragam pemasangan ini dengan sistem glue down yakni tak ditambahkannya cairan primer.

 

Artikel lebih lengkap disini ya : Jual WPC