Demikian Kiat Menangani Plafon Rumah yang Menggelembung

Demikian Kiat Menangani Plafon Rumah yang Menggelembung
Salah satu gangguan yang biasanya terjadi pada ‘kesehatan’ rumah yakni plafon (ceilling) yang menggelembung atau melendut. Kerusakan pada komponen pembatas antara atap dan ruangan ini terjadi sebab bermacam hal. Pemilik hunian mesti waspada kalau atap rumahnya mengalami hal hal yang demikian.

Umumnya, plafon rumah yang mengalami penggelembungan atau melendut terjadi sebab turunnya rangka, imbas aplikasi pemasangan yang tak simetris. Penyebab lainnya, dapat jadi sebab jarak rangka satu dengan lainnya terlalu berjarak. Idealnya jarak antara rangka kayu atau rangka besi hollow dan metal puring berjarak sekitar 60-90cm.

Pemasangan rangka yang terlalu lebar, membikin muatan plafon tak tersebar merata ke semua rangka, sehingga komponen yang tak ditopang rangka memunculkan lendutan.

Sekiranya Anda mendapati salah satu komponen plafon rumah ada yang menggelembung atau melendut, janganlah diperkenankan.

Kecuali mengganggu keindahan ruangan, plafon yang diperkenankan rusak melendut dan tidak lagi cakap membendung muatan, dapat mendatangkan musibah yang lebih besar bagi anda.Berikut ini langkah memecahkan plafon yang melendut.

Observasi Penyebabnya
Observasi penyebab gelembung atau lendutan pada plafon rumah anda. Dapat jadi sebab kekeliruan dalam pemasangan rangka plafon atau rangka sudah keropos dimakan rayap. Tandai komponen plafon yang melendut lalu mintalah bantuan teknisi atau tukang untuk membetulkannya. ( Baca juga yang terkait : Panel dinding )

Bongkar Plafon
Bongkar penutup plafon di komponen yang rusak. Kalau komponen rangka plafon menggelembung sebab kekeliruan dalam pemasangan atau rusak sebab dimakan rayap, karenanya segeralah mengganti semua rangka plafon.

Tambahkan Barier Rangka
Salah satu untuk menghilangkan kekhawatiran plafon kembali menggelembung atau melendut yakni dengan menambahkan barier rangka plafon. Anda dapat memasang barier rangka di komponen yang terdapat lendutan.

Pakai material yang sama pada rangka permulaan. Sekiranya sebelumnya barier rangka dipasang tiap-tiap jarak 1,2 meter, karenanya Anda dapat menambahnya menjadi tiap-tiap 60cm. Anda juga dapat menambahkan kabel sling yang dihubungkan ke rangka kuda-kuda atap untuk membendung muatan plafon.

Tutup Plafon
Sekiranya telah menentukan rangka plafon terpasang dengan bagus dan benar. Langkah terakhir yakni menutup plafon dengan material yang baru, lalu cat ulang dengan warna yang sama pada bidang plafon lainnya.